Marine Hull
Ever Given memblokade Suez Canal dan Antisipasi Asuransi terhadap Ganti Rugi yang akan Terjadi
Ever Given sekarang ini menjadi trending topik dunia. Kejadian kandasnya di salah satu jalur transportasi laut terpenting dunia (
Suez Canal) membuat geger seluruh pihak. Bagaimana tidak, kejadian tersebut membuat terhambatnya perdagangan internasional. Sebesar 12% perdagangan internasional melewati
Suez Canal. Keberadaan
Suez Canal membuat kapal – kapal yang berlayar dari asia menuju eropa atau sebaliknya tak perlu berlayar melewati
Cape of Good Hope, dan mereka dapat memangkas waktu pelayaran lebih dari 1 minggu.
Suez Canal memiliki panjang 120 mile, lebar 205 m dan kedalaman 24 m.
Sumber : bbc.com
Gambar Perbandingan Waktu Tempuh Pelayaran Melewati Suez Canal dan Tidak Melewatinya
Yuk kita mengenal lebih dekat si Ever Given itu,
Ever given merupakan kapal berjenis
container ship yang masuk dalam Kategori ULCV. ULCV kepanjangan dari
Ultra Large Container Vessel. Jadi kapal
container itu dikategorikan berdasarkan sizenya (kapasitas muat container dan dimensi). Kategori size paling kecil adalah
small feeder. Dan yang paling besar saat ini adalah ULCV. Secara lengkap, kategorinya seperti dibawah ini,
Nama |
Kapasitas (TEU/Twenty Foot Equivalent Unit) |
Panjang (Length) |
Lebar (Beam) |
Sarat (Draft) |
Ultra Large Container Vessel (ULCV) |
14.501 and higher |
366 m and longer |
49 m and wider |
15.2 m and deeper |
New Panamax (or Neopanamax) |
10.000 – 14.500 |
366 m |
49 m |
15.2 m |
Post-Panamax |
5.101 – 10.000 |
Panamax |
3.001 – 5.100 |
294.13 m |
32.31 m |
12.04 m |
Feedermax |
2.001 – 3.000 |
- |
- |
- |
Feeder |
1.001 – 2.000 |
- |
- |
- |
Small feeder |
Up to 1.000 |
- |
- |
- |
Sumber : Wikipedia.org
Kapal Ever Given ini memiliki spesifikasi sebagai berikut,
Sumber : Wikipedia.org
Sangat takjub dengan ukurannya, dimana ukuran kapal Ever Given hampir 4 kali lebih besar dari lapangan bola GBK. Jika dilihat dari spesifikasinya, Kapal Ever Given ini tergolong kapal yang masih sangat muda dan pastinya masih laik beroperasi (jika
maintenance dijalankan sebagaimana mestinya).
Owner kapal ini adalah perusahaan yang berbasis di Jepang. Shoei Kisen Kaisha namanya, perusahaan ini merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyewaan kapal. Perusahaan ini adalah anak perusahaan dari Imabari Shipbuilding (Galangan dimana kapal ini dibuat). Kapal tersebut saat ini dioperasikan oleh perusahaan Taiwan (Evergreen Marine).
Kejadian kecelakaan kapal ini terjadi ketika sedang melakukan pelayaran dari China menuju Rotterdam, Belanda. Kapal ini melewati
Suez Canal, karena memang untuk menuju eropa jalur ini dianggap lebih dekat dan ekonomis. Akan tetapi, kapal ini kandas ketika sedang berlayar di
Suez Canal. Penyebab pasti yang mengakibatkan kandasnya kapal ini masih belum diketahui karena masih menunggu investigasi. Akan tetapi dilansir dari beberapa berita mengatakan bahwa penyebab kandasnya kapal Ever Given karena adanya
strong wind dan
sand storm yang menghantam badan kapal sehingga membuat kapal tersebut terdeviasi dan akhirnya
bottom kapal menyentuh dasar sisi
canal dengan posisi melintang (menutup jalur pelayaran). Dengan ukuran kapal yang sangat besar tentunya tidaklah mudah untuk navigasinya dan berisiko ketika berlayar di jalur pelayaran yang sempit.
Dengan adanya kejadian ini, sudah dipastikan banyak pengiriman barang yang terlambat. Menurut
Suez Canal Authority (SCA), ada lebih dari 300 kapal yang terhambat dan menunggu
Suez Canal dibuka kembali. Gambaran antrian kapal tersebut terlihat dalam
radar marine traffic pada gambar dibawah ini. Kejadian ini menahan sekitar USD 9,6 miliar (£ 7 miliar) barang setiap hari - atau USD 400 juta per jam - menurut data dari Lloyd's.
Sumber : bbc.com
Gambar Antrian Kapal di Suez Canal
Bagaimana dari sisi asuransinya?
Kapal ini memiliki
Hull & Machinery cover yang diasuransikan di market asuransi Jepang. Dan belum diketahui secara pasti berapa nilai pertanggungannya. Akan tetapi beberapa berita memperkirakan nilai pertanggungannya sekitar USD 100 – 140 juta. Sedangkan P&Inya, belum diketahui secara pasti masuk dalam
club mana karena yang tercantum dalam
equasis.org tertulis UK P&I Club tanpa ada info
inception date. Terlepas dari proses investigasi yang masih berjalan, tentunya pihak Asuransi (H&M) maupun P&I Club akan dihadapkan pada ganti rugi finansial yang mungkin akan terjadi antara lain
- Hull Damage.
Biaya yang muncul karena adanya kerusakan pada badan kapal. Dengan posisi kapal yang mengalami
grounded pada bagian
bulbous bow dan
stern, akan memungkinkan timbulnya kerusakan pada kedua bagian kapal tersebut dan paling penting adalah memastikan tidak adanya
defect pada bagian badan kapal karena distribusi beban yang tidak merata saat kapal tersebut mengalami
grounded. Terlepas dari penyebab pastinya yang masih dalam investigasi, jika penyebabnya adalah peril yang di
cover dalam ITC Cl 6 maka biaya perbaikan badan kapal ditanggung oleh pihak asuransi.
Sumber : bbc.com
Gambar Side View Posisi Kapal Ever Given saat Grounded
- Salvage charges
Sumber : usatoday.com
Gambar Proses Refloating Ever Given dari Gambaran Satelit
Biaya – biaya ini muncul karena proses penyelamatan kapal yakni
re-floating. Proses
re-floating kapal Ever Given berlangsung selama sepekan dari 24 Maret hingga 29 Maret 2021. Banyak peralatan yang digunakan dalam proses tersebut antara lain
excavator, 11 unit Kapal Tug dan 1 unit Kapal
Suction Dredger. Ketentuan
Salvage Charges ini diatur dalam ITC Cl 11 dan MIA 1906 Sect 65.
- Loss of Hire (LOH)
Kejadian ini memungkinkan pihak pengelola kapal mengalami
loss of income dikarenakan adanya kerusakan pada kapal yang membuat kapal tidak dapat beroperasi. Ketentuan LOH tergantung pada perluasan polis H&M kapal tersebut.
- Sue & Labour Charges
Biaya – biaya yang dikeluarkan oleh pemilik kapal/ pengelola kapal atas usaha yang dilakukan untuk meminimalisir
loss dan
damage. Ketentuan
Sue & Labour Charges diatur dalam ITC Cl 13 dan MIA 1906 Sect 78(4).
- Liability to SCA
Biaya – biaya yang dikeluarkan karena tuntutan yang mungkin akan dilakukan oleh SCA kepada pemilik kapal / pengelola kapal untuk perbaikan
canal dan/atau kerugian lainnya. Biaya ini tergantung kondisi aktual yang terjadi serta respon asuransi/club tergantung pada ketentuan - ketentuan yang ada di dalam polis H&M dan P&I.
- Cargo liability
Biaya ini muncul biasanya dikarenakan rusaknya kargo yang dibawa oleh kapal yang rentan terjadi pada
perishable goods dan biaya keterlambatan kargo. Respon P&I Club tergantung pada ketentuan P&I yang digunakan, jika menggunakan
Institute Protection and Indemnity Clauses Hulls Time Cl 344 kerusakan kargo tidak dicover dan dikecualikan.
Besaran ganti rugi pihak Asuransi dan P&I Club tentunya didasarkan dengan kondisi aktual yang ada di lapangan. Tidak menutup kemungkinan muncul biaya – biaya yang lain atau sebaliknya pihak asuransi dan P&I Club tidak
liable terhadap beberapa biaya – biaya tersebut tergantung pada ketentuan yang ada pada polis H&M dan P&I yang dimiliki. Dalam perhitungan biaya – biaya diatas, Pihak
Adjuster akan memiliki peran sangat penting untuk menentukan type – type klaim
particular average,
general average dan
liability.
Menurut data yang disampaikan oleh Allianz Global Corporate & Specialty (AGCS), kecelakaan kapal yang sering terjadi di
canal adalah karena
grounded. Dimana, ada 25 kejadian kapal
grounded dalam 10 tahun terakhir. Inilah yang patut menjadi perhatian dari
stakeholders mulai dari IMO hingga perusahaan penjaminan.
Kejadian ini masih dalam investigasi lebih lanjut oleh otoritas terkait. Berharap kedepannya kejadian ini tidak terjadi kembali.
Sumber:
https://gcaptain.com/owner-and-insurers-of-ever-given-face-millions-in-claims/
https://www.businessinsider.com/ever-given-owner-may-face-millions-insurance-claims-suez-canal-2021-3?r=US&IR=T
https://www.usatoday.com/in-depth/graphics/2021/03/29/ever-given-refloated-and-freed-how-did-they-get-the-ship-out-of-the-suez-canal/7043678002/
https://www.businessinsider.com/ship-still-stuck-update-ever-given-rudder-dislodged-suez-canal-2021-3?r=US&IR=T
https://www.bbc.com/news/world-middle-east-56505413
https://www.bbc.com/news/world-middle-east-56547201
https://en.wikipedia.org/wiki/Ever_Given
https://en.wikipedia.org/wiki/Container_ship
https://akurat.co/ekonomi/id-1290142-read-5-fakta-menarik-perusahaan-shoei-kisen-kaisha-kapalnya-bikin-macet-terusan-suez?page=2