28 November 2018 6183

Infeksi Saluran Pernapasan Akut

Saat musim hujan datang, saatnya penyakit-penyakit datang…. terutama ISPA.
 
ISPA, alias Infeksi Saluran Pernapasan Akut, bukanlah penyakit yang tidak umum. Bahkan, mungkin hampir semua orang pernah menderita ISPA dan semua dokter pasti pernah menangani kasus ISPA. ISPA ini paling sering menyerang saluran pernapasan atas yang terdiri dari hidung, rongga sinus, faring, serta laring. ISPA dapat disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri, namun, sebagian besar kasus memang disebabkan oleh infeksi virus seperti virus influenza, parainfluenza, adenovirus, dll.
 
Sumber Gambar : hellosehat.com
Menegakkan diagnosis ISPA tidaklah sulit dan tidak diperlukan pemeriksaan khusus. Hanya dengan anamnesis dan pemeriksaan fisik, dokter sudah dapat menegakkan diagnosis ISPA. Hanya dengan melihat tanda dan gejala ISPA saja, diagnosis juga sudah bisa ditegakkan. Beberapa tanda dan gejala ISPA meliputi:
 
·         Hidung tersumbat dan pilek
·         Batuk, baik dengan atau tanpa dahak
·         Demam
·         Nyeri tenggorokan atau nyeri telan
·         Nyeri kepala yang bersifat ringan
·         Kesulitan bernapas
 
Penularan ISPA terbilang sangat mudah, terutama jika agen penyebab ISPA adalah virus. Penyakit ISPA dapat menyerang semua golongan, namun, ada beberapa golongan yang memang berisiko untuk terkena ISPA seperti bayi, anak-anak, lansia, orang dengan gangguan kekebalan tubuh, dan orang dengan lingkungan yang tidak bersih. Oleh karena itu, pada kelompok tersebut dilakukan untuk melakukan tindakan preventif yang lebih aktif seperti melakukan vaksinasi influenza.
 
Penyakit ISPA pada umumnya bukan kondisi yang membahayakan jiwa. Pengobatannya pun umumnya hanya perlu banyak berisirahat serta mengkonsumsi banyak cairan dan makanan bergizi. Namun, jika tidak mendapatkan pengobatan yang adekuat, terutama jika penderitanya juga memiliki kondisi co-morbid – misalnya penyakit autoimmune, dapat terjadi komplikasi yang bersifat cukup berat, seperti pneumonia dan bronchitis. Oleh karena itu, jangan meremehkan penyakit ISPA ya! Mau kan, cepat dan selalu sehat?
 
***

Penulis

Admin