15 July 2019 392

Nutrisi untuk Rambut

 
Setelah kemarin kita membahas tentang anatomi dan siklus pertumbuhan rambut, saatnya kita membahas tentang bagaimana cara merawat rambut yang benar selama ini, kita mungkin terlalu mengandalkan perawatan rambut dari luars,eperti menggunakan shampoo, conditioner dan melakukan perawatan-perawatan rambuseperti creambath, hair spa dan haimaskerKita seringkali lupa,kalau nutrisi yang masuk ke tubuh kita lah yang sebenarnya paling berpengaruh bagi kesehatan rambut kita.
 
Memangnya, apa saja sih makanan yang baik bagi kesehatan rambut kita?
 
Sumber Gambar : onceuponachef.com
 
Mungkin sudah banyak yang mengetahui kalau telur adalah makanan yang baik bagi kesehatan tubuh kita.Mengkonsumsi telur dipercaya baik bagi pertumbuhan tulang dan otot kita. Telur juga dipercaya baik dikonsumsi pada saat tubuh kita sedang dalam masa pemulihan setelah terkena penyakit. Namun ternyata, telur yang mengandung protein, biotin, zinc, dan selenium juga santga bermanfaat bagi rambut kita. Hampir sebagian besar folikel rambut mengandung proteIin. Inilah sebabnya, mengapa orang yang malnutrisi dan kurang asupan protein sangat berisiko mengalami kerontokan rambut.
 
Selain itu, biotin yang juga dikandung oleh telur juga merupakan salah satu zat esensial yang berperan dalam produksi keratin. Keratin merupakan protein pada rambut yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Jika asupan keratin tubuh tercukupi, rambut kita akan menjadi lebat dan sehat.
 
Sumber Gambar : thucphamsachhd.com
 
Selain telur, beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, sarden, dan mackerel yang kaya akan asam lemakomega3jugabaik dikonsumsi untuk kesehatan rambut.  Asam lemak omegaterdapat pada helai rambut, membran sel di kulit kepala, dan minyak pada rambut. Asam lemak omega 3ini berperan  dalam  membuat  rambut  tetap  terhidrasi. Mengkonsumsi  ikan-ikan  tersebut  dapat mencegah rambut kita dari kering, patah, dan  rontok, serta membuat rambut kita lebih lebat, berkilau, dan tumbuh lebih cepat.
 
Sumber Gambar : food.detik.com
 
Mengkonsumsi tiram juga ternyata baik untuk kesehatan rambut kita. Tiram merupakan salah satu makanan yang kayakan  zincTubuh  kita memerlukan  cukup zinc untuk dapat  memelihara kesehatan dan mempercepat pertumbuhan rambut, dan bukan hanya rambut yang ada di kepala, melainkan juga rambut-rambut lain yang berada di seluruh tubuh.
 
Sumber Gambar : hellosehat.com
 
Adakadiantarakaliayangemamengkonsumsiubjalar? Selain rasanyyanenak terutama kaladikonsumsi malam-malam,ubjalaternyata kaya akaantioksidadabeta karoten. Saat tubuh kita menerima asupan betakaroten, tubuh kita akan mencerna dan mengubah betakaroten menjadi bentuk vitamin A. Vitamin A ini berperan untuk merangsang kelenjar di kulit kepala untuk memproduksi minyak  yang  dapat  menghidrasi  rambut kita. Selain itu, vitamin A jugdapat membuat rambut kita tumbuh lebih cepat.
 
Sumber Gambar : hellosehat.com
 
Mengkonsumssayurayanberdauhijasepertbayajugternyata baik untuk kesehatan rambut kita. Bayam yang kaya akan folat, zat besi, vitamin A, dan vitamin C ternyata mampu membantrambukita agatumbudengan sehadan tebal. Kandungan vitamiA padbayam dapamembantkelenjrkulit untuk memproduksminyaalami kulit. Minyak inilayanakan membantu melumasi folikel rambut dan kulit kepala, sehingga, rambut kita akan tampak berkilau,  tebal, kuat, dan sehat. Selain itu, bayam juga mengandung zat besi yang dapat memperkaya asupan oksigen ke sel-sel rambut. Dengan zat besi yang cukup, rambut akan dapat tumbuh dengan sehat, kuat, dan berkilau.
 
Sumber Gambar : food.ndtv.com
 
Bagi kalian yang masih ogah-ogahan mengkonsumsi buah, sebaiknya mulai giat mengkonsumsi buah, deh. Mengkonsumsi buah-buahan ternyata dapamenjaga kesehatan rambukita, lho. Terutama buah-buahan yang kaya akan antioksidan, vitamin C  dan kolagen seperti strawberry dan jambu. Kandungan-kandungan tersebut mampu menjaga folikel rambut kita dari kerusakan yang ditimbulkan oleh paparan radikal bebas sehingga dapat mencegah rambut kita dari kerontokan.
 
Nahuntumerawarambusebenarnykita tidaperlu mengeluarkabiaymahal ya. Tidak perlu sering-serinperawatadsalonRambukita bissehakalakita rajin mengkonsumsi makanan yang bergizi kok. Tapi kalo ada rejeki lebih, ya boleh banget kita perawatan ke salon.  Biar nggak stress jugkakerja terus.
 
***

Penulis

dr. Laras Prabandini Sasongko, AAAIJ

Email: laras@indonesiare.co.id