20 February 2020 17368
Engineering

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP)

 

Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi adalah pembangkit listrik yang menggunakan panas bumi sebagai sumber energinya. Listrik dari tenaga panas bumi saat ini digunakan di 24 negara, sementara pemanasan memanfaatkan panas bumi digunakan di 70 negara. Perkiraan potensi listrik yang bisa dihasilkan oleh tenaga panas bumi berkisar antara 35 s.d 2.000 GW. Kapasitas di seluruh dunia saat ini adalah 10.715 megawatt (MW), dengan kapasitas terbesar di Amerika Serikat sebesar 3.086 MW, diikuti oleh Filipina dan Indonesia. India sudah mengumumkan rencana untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi pertamanya di Chhattisgarh.

 

 

 

Tenaga panas bumi dianggap sebagai sumber energi terbarukan karena ekstraksi panasnya jauh lebih kecil dibandingkan dengan muatan panas bumi. Emisi karbon dioksida pembangkit listrik tenaga panas bumi saat ini kurang lebih 122 kg CO2 per megawatt-jam (MW·h) listrik, kira-kira seperdelapan dari emisi pembangkit listrik tenaga batubara.

 

 

 

Indonesia dikaruniai sumber panas bumi yang berlimpah karena banyaknya gunung berapi di Indonesia. Dari pulau-pulau besar yang ada, hanya Pulau Kalimantan saja yang tidak mempunyai potensi panas bumi.

 

 

 

Untuk membangkitkan listrik dengan panas bumi dilakukan dengan mengebor tanah di daerah yang memiliki potensi panas bumi untuk membuat lubang gas panas yang akan dimanfaatkan untuk memanaskan ketel uap (boiler) sehingga uapnya bisa menggerakkan turbin uap yang tersambung ke generator. Untuk panas bumi yang mempunyai tekanan tinggi dapat langsung memutar turbin generator setelah uap yang keluar dibersihkan terlebih dahulu.

 

 

 

Kelebihan

 

Sumber energi bersih

 

Energi panas bumi konstan sepanjang musim

 

Membutuhkan lahan dan air yang minimal (dibanding dengan energi alternatif lainnya)

 

Kekurangan

 

Biaya Modal yang tinggi

 

Hanya dapat dibangun di dekat lempeng tektonik

 

Tabel 1. Kekurangan dan kelebihan PLTP

 

 

 

Dalam operasinya, secara umum PLTP memiliki proses sebagai berikut:

 

 

Gambar 1. Proses pebangkitan listrik pada PLTP

 

 

 

Secara umum PLTP memiliki komponen dasar yang sama dengan PLTU pada umumnya. Namun, dikarenakan menggunakan uap  panas bumi maka PLTP harus mempersiapkan komponen tambahan untuk memanfaatkan uap tersebut untuk memanaskan uap air yang akan dialirkan ke turbin.

 

 

 

 

 

*******

Penulis

Maesha Gusti Rianta ST., M.Sc

Email: maesha@indonesiare.co.id