27 April 2022 142
Berita

Bersama 9 BUMN, Indonesia Re Hijaukan Kawasan Danau Toba

Medan, Sumatera Utara (ANTARA) -- BUMN reasuransi, Indonesia Re, bersama sembilan BUMN lainnya melakukan penanaman pohon di Kawasan Danau Toba, Sumatera Utara, sebagai bagian dari rangkaian program Bakti BUMN untuk Indonesia, dengan INALUM sebagai tuan rumah kegiatan.

Adapun sembilan BUMN lainnya terdiri dari Petrokimia Gresik, Dahana, Angkasa Pura II, Semen Indonesia, INALUM, BRI, Bank Mandiri, Telkom Indonesia, dan Pelindo.


Bakti-BUMN1

Executive Director Yayasan BUMN Syafuan menyebut program Bakti BUMN Untuk Indonesia ini merupakan pilot project dari Yayasan BUMN dan Kementerian BUMN yang bertujuan untuk menyinergikan program TJSL perusahaan BUMN, semangat volunterisme, dan semangat kebersamaan. Syafuan berharap bahwa selanjutnya program ini bisa terus berjalan dibanyak titik di Indonesia.

“Sesuai dengan nature Yayasan, Yayasan BUMN dalam melakukan aktivitasnya selalu melibatkan relawan. Melalui program ini kami mendapatkan insight bahwa banyak karyawan-karyawan BUMN yang memiliki kepekaan sosial tinggi dan tertarik untuk menjadi relawan. Kami dari Yayasan BUMN sangat mendukung inisiatif dari Kementerian BUMN dalam memberikan wadah bagi Karyawan BUMN tersebut. Kedepannya, kami berharap program ini dapat terus berjalan sehingga kegiatan yang diberikan bersama masyarakat dapat berdampak semakin lebih meluas dan berkelanjutan,” ujar Syafuan.

10 BUMN yang terlibat di program ini mendelegasikan perwakilannya sebagai relawan dalam kegiatan penanaman. Adapaun ke-10 orang tersebut meliputi:

1. Andre Septia Pratama (PT Petrokimia Gresik)
2. Adella Acqha Vico Addina (PT Dahana Persero)
3. Muhammad Alwan Fadhal (PT Reasuransi Indonesia Utama Persero)
4. Jansen Martua Butar-Butar (PT Angkasa Pura II Persero)
5. Alfian Adi Nurrahman (PT Semen Indonesia Persero Tbk)
6. Angela Pristicia Sipayung (PT INALUM Persero)
7. Gilang Rusyadi (PT Bank Rakyat Indonesia Persero Tbk)
8. Frida Prameswarini (PT Bank Mandiri Persero Tbk)
9. Muhammad Hasan Effendy (PT Telkom Indonesia Persero Tbk)
10. Denny Samba (PT Pelindo Persero)


Selain melakukan penanaman pohon, para sukarelawan juga melakukan penyuluhan terkait penanaman pohon kepada masyarakat di Desa Tongging, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Sekaligus menyerahkan bantuan bola sepak bertandatangan Menteri BUMN Erick Thohir kepada anak-anak di lokasi penanaman.

Program Bakti BUMN Untuk Indonesia merupakan program pertama dari Yayasan BUMN yang mengkolaborasikan setiap BUMN di Indonesia demi meningkatkan jiwa kepedulian pegawai BUMN terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar. Pada kegiatan ini, Pegawai BUMN bisa turut aktif menjadi relawan dalam pelaksanaan program TJSL di masing-masing BUMN maupun lintas BUMN. Program ini dilaksanakan di 3 (tiga) lokasi berbeda, yaitu; Mandalika NTB dalam bentuk Program Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah , Sumba Barat NTT dalam bentuk Program Pelatihan UMK, dan Kawasan Danau Toba Sumatera Utara dalam bentuk Program Tanam Pohon.