15 March 2023 793
Berita

Di Tengah Kondisi "Hard Market", Industri Reasuransi Bakal Berbenah

Kompas.com - 14/03/2023, 22:00 WIB
 

64107a1a93486

Lihat Foto (Ka-Ki) Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntu dan Direktur Teknik Operasi Indonesia Re Delil Khairat dalam diskusi terbatas, Selasa (14/4/2023).
 
(KOMPAS.com/ AGUSTINUS RANGGA RESPATI) Penulis Agustinus Rangga Respati | Editor Akhdi Martin Pratama)
 
JAKARTA, KOMPAS.com - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) mengadakan kegiatan CEO Forum bertema Indonesia Re’s Update and Market Highlights pada, Selasa (14/3/2023).
 
Acara ini mengundang 41 perusahaan asuransi umum tempat Indonesia Re menjadi pihak yang menjamin reasuransinya.
 
Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntu mengatakan, pertemuan ini dilakukan untuk membangun hubungan antara para CEO perusahaan asuransi yang menjadi klien utama Indonesia Re.
 
"Kami mau diskusi dengan mereka terkait apa yang sudah terjadi, perbaikan ke depan, bisnis seperti apa, market highlight, dan kondisi reasuransi global juga domestik," ujar dia dalam konferensi pers, Selasa (14/3/2023).
 
Ia menambahkan, pada kesempatan forum ini juga akan disampaikan terkait kondisi terkini dari Indonesia Re dan beberapa tantangan yang kemungkinan dihadapai pada 2023.
 
Kemudian, Benny menuturkan, pasar sedang menghadapi kondisi yang berat. Hal ini diikuti dengan performa pasar reasuransi yang profitabilitasnya masih di bawah harapan.
 
"Kami mengusung tema perbaikan portofolio treaty dengan tujuan utama yang ingin dicapai beberapa di antaranya memperbaiki balance treaty untuk meningkatkan sustainability dan rencana bisnis cedant," imbuh dia.
 
Benny bilang, diskusi ini juga akan membahas terkait penyesuaian harga premi seiring dengan kondisi pasar yang sulit dan klaim-klaim besar terkait bencana alam.
 
Sementara itu, Direktur Teknik Operasi Indonesia Re Delil Khairat menjelaskan, industri asuransi sedang berada di dalam market hardening.
 
Market hardening adalah kondisi ketika kapasitas menyusut sementara harga premi naik.



Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Di Tengah Kondisi "Hard Market", Industri Reasuransi Bakal Berbenah",
 

Penulis : Agustinus Rangga Respati
Editor : Akhdi Martin Pratama