08 March 2024 152
Berita

Dorong Petani Lele Yogyakarta Siap Ekspor, Indonesia Re Beri Bantuan Alat Produksi

SINDOnews.com
Kamis, 29 Februari 2024 - 16:05 WIB

G-dorong-petani-lele-yogyakarta-siap-ekspor-indonesia-re-beri-bantuan-alat-produksi-aeh


PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re memberikan bantuan alat produksi turunan ikan kepada para mitra binaan di wilayah DI Yogyakarta. Bantuan diberikan kepada 5 kelompok mitra binaan di Kampung Lele Indonesia Re, Desa Berbah, DI Yogyakarta.

Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan dan Corporate Secretary Indonesia Re Robbi Y Walid
mengatakan, penyerahan bantuan ini merupakan bentuk peran aktif dan tanggung jawab Indonesia Re dalam program keberlanjutan terkait program penyaluran serta penguatan modal usaha, pembinaan dan pengembangan UMK untuk mitra binaan dan non mitra binaan Indonesia Re.

“Program pembinaan dan pendampingan mitra binaan ini merupakan program keberlanjutan terkait penyaluran serta penguatan modal usaha UMK sehingga dengan pemberian bantuan berupa alat produksi diharapkan agar mitra binaan ke depannya dapat mandiri dan mendapatkan jaringan pasar lokal dan siap ekspor,” kata Robbi.

Produk yang dihasilkan para mitra binaan menggunakan alat produksi ini di antaranya abon lele, bakso berbahan lele, dim sum berbahan dasar nila, dan makanan beku berbahan dasar nila. Namun, hasil produksi ini akan terus berkembang seiring dengan pembinaan dan evaluasi yang dilakukan bersama Indonesia Re. Diharapkan mereka juga nantinya akan menghasilkan produk makanan olahan turunan ikan tawar.

Selain itu, Indonesia Re juga berharap tujuan sustainable atau berkelanjutan bisa dicapai dari pelaksanaan program ini.

“Jumlah bahan baku yang berlimpah dari produksi mitra binaan Indonesia Re ini, serta ketersediaan sumber daya alam yang mendukung pengembangan usaha ini menjadi tantangan kami dalam terus
mengembangkan program ini,” ujar Robbi.

Program mitra binaan merupakan program unggulan Indonesia Re dan merupakan kegiatan kelanjutan dari tahun sebelumnya. Indonesia Re secara berkesinambungan merealisasikan program mitra binaan dan program pembinaan tidak hanya di Yogyakarta, namun tersebar di beberapa wilayah khususnya pulau Jawa.

Untuk keseluruhan mitra binaan yang telah mendapatkan fasilitas program penguatan modal usaha ada sekitar ratusan di wilayah Jawa Tengah (khususnya wilayah DI Yogyakarta), Jawa Barat hingga Jawa Timur.

(sra)