28 February 2023 650
Berita

Gelar pelatihan bela negara, Indonesia Re tanamkan nilai AKHLAK pada generasi milenial

Jakarta (ANTARA) — PT Reasuransi Indonesia Utama (Indonesia Re) sukses menggelar program pelatihan Bela Negara bagi karyawan milenial yang baru bergabung di Indonesia Re, Sabtu 25 Februari 2023. 

Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM dan Corporate Secretary, Robbi Y Walid mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan nasionalisme dan membentuk pemimpin masa depan untuk siap menghadapi segala tantangan di masa yang akan datang.

"Tujuannya untuk membentuk pemimpin masa depan yang memiliki kinerja dan potensi yang baik untuk bekerja, dan juga memiliki kedisiplinan serta tanggung jawab," jelas Robbi saat dihubungi pada Senin (27/2/2023).

Kegiatan ini telah dilaksanakan pada 23-24 Februari 2023 di Gunung Pancar, Sentul, dan diikuti sebanyak 36 peserta yang terdiri dari karyawan milenial yang masuk atau diangkat dari tahun 2018-2023 dan belum mengikuti kegiatan bela negara di Indonesia Re.

Selain pelatihan fisik, Robbi mengungkapkan program ini juga memberikan pelatihan atau materi lain pada karyawan Indonesia Re seperti kenegaraan, kedisiplinan, baris berbaris, hingga motivasi bekerja.

"Pastinya ini sejalan dengan visi dan misi dari BUMN, supaya insan BUMN ini memiliki kecintaan pada bangsa dan negara. Itu tujuan utamanya," lanjutnya.

Meski sempat diguyur hujan, Robbi mengatakan pelatihan tersebut tetap berjalan dan membuktikan kesungguhan dari para peserta pelatihan ini.

"Kesiapan fisik sangat-sangat diperhatikan. Untuk kesiapan fisik dan mental, itu dilatih di sepanjang program tersebut," jelasnya.

Robbi mengatakan program ini sangat menggambarkan dan selaras dengan core values AKHLAK yang ditanamkan BUMN, seperti loyal hingga kedisiplinan.

"Di sini pasti sangat kelihatan, mereka dilatih untuk bisa menerapkan unsur AKHLAK dengan baik. Mereka juga dilatih harus memiliki kedisiplinan, mampu beradaptasi, loyal, bisa berkolaborasi, dan tentunya membangun sikap membela negara," ungkap dia.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini program pelatihan bela negara dibuka langsung oleh direksi yang diwakili oleh Robbi dalam upacara pembukaan.

Selain itu, di pelatihan kali ini yang pesertanya berasal dari generasi milenial dibangun untuk bisa kompak dan loyal, sesuai dengan nilai-nilai yang tertanam di BUMN.

"Ini sangat penting untuk membangun milenial yang kita tahu punya tipe yang individualis, kalau di sana tidak bisa lagi. Mereka harus menjaga kekompakkan, loyalitas dan bisa beradaptasi," kata Robbi.

Dengan adanya pelatihan ini, Robbi berharap bisa membentuk kemampuan dalam hal kedisiplinan, tanggung jawab, kejujuran, integritas. dan tanggung jawab pada karyawan milenial yang baru bergabung.

"Saya berharap, akan ada program-program lanjutan yang berkesinambungan untuk bisa mempertahankan nilai-nilai ini. Termasuk dalam sosialisasi internalisasi nilai AKHLAK," pungkasnya.