PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) telah memperoleh sertifikasi ISO 20000-1:2018 Manajemen Layanan Teknologi Informasi (SMLI) pada tanggal 11 Januari 2021. Sertifikat telah diserahkan oleh lembaga TÜV Nord Indonesia kepada Direktur Pengembangan, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan Ibu Putri Eka Sukmawati.
ISO 20000-1 merupakan standar dalam penerapan manajemen layanan teknologi informasi untuk menjamin ketersediaan layanan TI sebagai pendukung bisnis serta operasional perusahaan.
Proses sertifikasi dilakukan oleh TÜV Nord Indonesia sebagai lembaga sertifikasi kepada PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) yang telah menerapkan Sistem Manajemen Layanan Teknologi Informasi untuk ruang lingkup Manajemen Layanan Sistem REINS oleh Divisi IT.
PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) telah melakukan persiapan dimulai dari komitmen pimpinan terhadap penerapan manajemen layanan TI, peningkatan awareness organisasi dan pembuatan gap analisis dan dilanjutkan dengan penyusunan dan pengembangan lingkup Statement of Applicability (SOA), prosedur SMLI.
Pada tahap implementasi, dilakukan penilaian katalog layanan, ketersediaan, pelaporan, serta manajemen kontinuitas layanan TI. Selanjutnya dilakukan Tahap 1 Audit berupa verifikasi dokumentasi dan pelaksanaan SMLI. Tahap 2 Audit untuk verifikasi terhadap efektivitas sistem layanan TI, serta wawancara dan kunjungan oleh tim auditor. Setelah melalui tahapan tersebut, PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) dinyatakan berhasil mendapatkan sertifikasi ISO pada tanggal 04 Maret 2021.
PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) telah memperoleh sertifikasi ISO 27001:2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi (SMKI) pada tanggal 11 Januari 2021. Sertifikat telah diserahkan oleh lembaga TÜV Nord Indonesia kepada Direktur Pengembangan, Manajemen Risiko, dan Kepatuhan Ibu Putri Eka Sukmawati.
ISO 27001 merupakan sebuah standar sistem manajemen yang berhubungan dengan keamanan informasi. Dalam kaitannya dengan penerapan Good IT Governance, perusahaan perlu memperhatikan aspek keamanan informasi dan menjaga agar data dan informasi yang dikelola oleh perusahaan tetap aman dan terkendali.
Proses sertifikasi dilakukan oleh TÜV Nord Indonesia sebagai lembaga sertifikasi kepada PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) yang telah menerapkan Sistem Manajemen Keamanan Informasi untuk ruang lingkup layanan dan manajemen fasilitas data center perusahaan.
PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) telah melakukan persiapan dimulai dari komitmen pimpinan terhadap keamanan informasi, peningkatan awareness organisasi dan pembuatan gap analisis dan dilanjutkan dengan penyusunan dan pengembangan lingkup Statement of Applicability (SOA), serta prosedur SMKI.
Pada tahap implementasi, dilakukan penilaian risiko melalui identifikasi aset, kerentanan, dan ancaman untuk mendapatkan nilai risiko yang dapat diterima. Selanjutnya dilakukan Tahap 1 Audit berupa verifikasi dokumentasi dan pelaksanaan SMKI. Tahap 2 Audit untuk verifikasi terhadap efektivitas sistem keamanan informasi, serta wawancara dan kunjungan oleh tim auditor. Setelah melalui tahapan tersebut, PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) dinyatakan lulus sertifikasi pada tanggal 11 Januari 2021.
PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) telah memperoleh ser7fikasi ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu pada tanggal 10 November 2020. Ser7fikat secara simbolis diserahkan oleh Kepala Bagian Eco Framework PT Sucofindo (Persero), Bapak Budi Utomo kepada Direktur Pengembangan Manajemen Risiko dan Kepatuhan Ibu Eka Putri Sukmawa7 di Gedung Indonesiare, Jakarta.
ISO 9001 adalah standar internasional yang menetapkan persyaratan untuk Sistem Manajemen Mutu. Sis7m Manajemen Mutu adalah sebuah sistem manajemen untuk mengawasi semua kegiatan dan tugas dalam suatu organisasi untuk memas7kan bahwa produk dan layanan yang ditawarkan, serta sarana yang digunakan untuk mencapainya bersifat konsisten. Hal ini sangat diperlukan untuk mencapai dan mempertahankan 7ngkat mutu yang diinginkan dalam perusahaan.
Proses ser7fikasi ini dilakukan oleh PT Sucofindo (Persero) sebagai lembaga ser7fikasi kepada PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) yang telah menerapkan Sistem Manajemen Mutu untuk ruang lingkup Jasa Reasuransi Umum dan Reasuransi Jiwa.
PT. Reasuransi Indonesia Utama (Persero) melakukan persiapan ser7fikasi selama 10 bulan. Diawali pemahaman sistem manajemen mutu dengan melaksanakan Pela7han Interpretasi ISO 9001-2015 dan sosialisasi awareness untuk seluruh karyawan. Kemudian dilanjutkan dengan Persiapan dokumentasi perusahaan berbasis ISO 9001 dengan penyusunan manual mutu, kebijakan dan prosedur. Setelah itu memasuki tahap review system dengan pelaksanaan Audit Internal dan Tinjauan Manajemen. Tahap akhir adalah ser7fikasi dengan pelaksanaan Audit oleh PT Sucofindo (Persero) pada tanggal 14 - 16 Oktober 2020 dan dinyatakan lulus ser7fikasi pada tanggal 10 November 2020
PT Reasuransi Indonesia Utama (Perserto) has obtained the ISO 37001 Anti-Bribery Management System certification on August 13th, 2020. The certificate was symbolically handed over by the Director of PT Asricert Indonesia, Mr. Hasnop Putra, to the Director of Risk Management and Compliance Development, Mrs. Eka Putri Sukmawati, at Gedung Indonesiare, Salemba Jakarta.
ISO 37001 is an Anti-Bribery Management System standard whose application can maximize financial gains and minimize financial losses by creating controls, procedures and processes to mitigate bribery and corruption as well as create an anti-bribery culture for the organization.
This certification process is carried out by Asricert as a certification body for PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero), which has implemented an Anti-Bribery Management System for the scope of the Main Directorate, Directorate of Operations Engineering, Directorate of Finance & Human Resources and Directorate of Development, Risk Management & Compliance.
PT Reinsurance Indonesia Utama (Persero) has made preparations from March to early August 2020, beginning with a gap analysis and awareness training. This is followed by the preparation and development of anti-bribery management procedures. At the implementation stage, the anti-bribery management system manual and procedure policy has been formulated, followed by socialization and feasibility test. Following, the system enters the review stage, covering the implementation of an internal audit review and management review before continuing to the final stage, certification. PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) has participated in two stages of the audit on August 6 - 11, 2020 and was declared to have passed certification on August 13th, 2020.