04 December 2023 547
Berita

Indonesia Re Menjalankan Program Pembinaan Usaha Mikro dan Kecil

Sabtu, 11 November 2023 / 11:57 WIB

sangt

ILUSTRASI. PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero/BUMN) atau Indonesia Re dukung pembinaan usaha mikro dan kecil.

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian
 
KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Kerjasama antar BUMN terus berlanjut. Terbaru, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re menggandeng Bank Rakyat Indonesia (BRI) menjalankan komitmen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL). Program keduanya,  berkontribusi memberikan pembinaan kepada 50 mitra binaan dari unit kerja BRI wilayah Sitimulyo, Sleman, Baturetno dan Purwomartini Yogyakarta pada Program Pendanaan Usaha Mikro dan Kecil (PUMK).
 
Program pembinaan di Rumah BUMN, Yogyakarta tersebut memberikan literasi mulai dari pola pikir bisnis hingga pengelolaan bisnis itu sendiri. Sampai 23 Oktober 2023, Indonesia Re telah menyalurkan dana program tersebut kurang lebih sebesar Rp 4 miliar atau sekitar 99,9% dari total anggaran sebesar Rp 5 miliar.

"Tujuan kami mengembangkan nilai ekonomis produk dari para mitra binaan Indonesia Re di pangsa pasar domestik maupun pasar internasional melalui lini usaha ekspor. Indonesia Re  meyakini, dengan memberdayakan lebih banyak masyarakat mampu menopang pertumbuhan ekonomi serta dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat itu sendiri,” jelas Robbi Y Walid, Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM dan Sekretaris Perusahaan Indonesia Re, dalam rilis yang diterima Kontan.co.id, Jumat (10/11). 
 
Indonesia Re meyakini, dunia usaha memiliki banyak tantangan dan rintangan. Pemaparan materi tentang mindset bisnis menjadi motivasi dalam membantu pemilik usaha mengatasi hambatan bisnis yang berfokus pada budaya dan mindset positif cenderung lebih mampu beradaptasi, berkembang, dan bertahan dalam menghadapi berbagai kondisi yang dihadapkan dalam dunia usaha.
 
“Di tahun 2024, kami telah menganggarkan penyaluran dana UMK sebesar Rp 2,5 miliar untuk pengembangan maupun pelatihan bagi mitra binaan Indonesia Re,” kata Robbi.