31 August 2023 847
Berita

Indonesia Re Pertahankan Peringkat Stabil dari Pefindo

Penulis: Prisma Ardianto | Editor: FER
Rabu, 30 Agustus 2023 | 13:10 WIB

1693373335-1024x684-(1)

Direktur Utama Indonesia Re, Benny Waworuntu. (Beritasatu.com / Istimewa)
 
Jakarta, Beritasatu.com - PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re berhasil mempertahankan peringkat di Pefindo Credit Rating Agency dengan hasil idAA- dan peringkat obligasi wajib konversi perusahaan I tahun 2014 di idA+.
 
Direktur Utama Indonesia Re Benny Waworuntu mengatakan, pencapaian ini menunjukkan prospek untuk peringkat kekuatan finansial perseroan yang stabil.
 
"Hasil ini merupakan upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kinerja keuangan perusahaan secara signifikan serta melakukan perbaikan mendalam pada portofolio melalui penerapan underwriting yang ketat," kata Benny dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu (30/8/2023).
 
Benny menjelaskan, stabilitas peringkat kredit Indonesia Re dalam industri reasuransi tidak hanya sekadar mencerminkan kualitas perusahaan, tetapi juga memiliki dampak yang mendalam pada ekonomi Indonesia secara keseluruhan.
 
Melalui kehadiran Indonesia Re yang memiliki peringkat rating yang stabil, stabilitas keuangan dan ketahanan sistem asuransi dapat dijaga dengan baik.
 
"Langkah-langkah perbaikan portofolio yang diambil oleh Indonesia Re di semua sektor bisnis menjadi landasan yang kuat dalam mencapai peringkat rating yang stabil ini," jelasnya.
 
Menurut Benny, perseroan melakukan perubahan struktur treaty menjadi lebih sustainable, dan memastikan kecukupan premi reasuransi,
 
Selain itu, perseroan menetapkan biaya akuisisi pada tingkat yang wajar dan memperbaiki proses bisnis, sehingga mampu mengoptimalkan efisiensi dan meminimalkan risiko. Pendekatan yang selektif dalam bisnis reasuransi jiwa juga memberikan jaminan atas kualitas portofolio.
 
"Semua langkah tersebut, menciptakan fondasi yang kokoh bagi perseroan untuk memainkan peran strategis dalam memastikan stabilitas sektor asuransi di Indonesia," tegasnya.
 
Seperti diketahui, peringkat yang diberikan Pefindo Credit Rating Agency mencerminkan peran penting Indonesia Re dalam mendukung misi pemerintah, serta posisi perseroan dalam industri reasuransi.
 
Adanya layanan perlindungan asuransi atau reasuransi yang kuat, risiko finansial yang dihadapi oleh perusahaan dan individu dapat diminimalkan serta dapat mendorong investasi yang lebih aman dan pertumbuhan ekonomi yang lebih berkelanjutan.
 
"Langkah perbaikan portofolio di semua lini bisnis Indonesia Re tidak hanya membawa dampak positif bagi perusahaan itu sendiri, tetapi juga untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia secara keseluruhan,” pungkas Benny.