04 May 2021 51
Berita

Kembangkan usaha peternak, Indonesia Re latih pengolahan hasil ternak di Yogyakarta

Yogyakarta (ANTARA) -- Berangkat dari kepedulian terhadap perekonomian peternak di daerah sekitar Yogyakarta dan Boyolali, BUMN reasuransi, Indonesia Re menyelenggarakan pelatihan pengolahan dan pengemasan kepada kelompok peternak mitra binaan Indonesia Re di Yogyakarta, pada 8-9 April 2021.

PKBL & CSR Department Head Indonesia Re Freddy Aries Setiawan menjelaskan, para peserta dibekali dengan materi cara mengolah hasil ternak menjadi berbagai produk olahan yang menarik kemudian peserta juga dilatih mengenai teknik pengemasan dan pemasaran serta cara mengelola keuangan hasil usahanya. 

"Pelatihan ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dan keterampilan para peserta serta menerapkan inovasi pada usaha peternak untuk meningkatkan perekonomian para peternak," ujar Freddy

Pelatihan ini diikuti oleh 30 peserta yang merupakan peternak lele, peternak ikan nila dan peternak kambing dari Yogyakarta dan Boyolali, serta mendatangkan beberapa tokoh UMKM diantaranya Heru Subagyo, pengusaha makanan olahan, sebagai mentor. 

Freddy menambahkan, pihaknya mendatangkan beberapa pengusaha untuk memberikan ilmu dan menceritakan pengalamannya sehingga dapat memotivasi para peternak agar menyiasati peningkatan pemasaran hasil ternak menjadi berbagai produk olahan dan kemasan yang menarik sehingga hasil olahan tersebut tersebut bisa lebih tahan lama, memiliki cita rasa yang berbeda, dan nilai tambah yang lebih tinggi.

"Kami berharap para peternak dapat benar-benar mengimplementasikannya pasca pelatihan untuk menjadi alternatif sumber pendapatan keluarga", tutup Freddy