25 October 2023 998
Berita

Peringati Hari Asuransi Nasional, Indonesia Re Berkontribusi Dalam Meningkatkan Literasi Untuk Negeri

Jakarta – PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re selaku Perusahaan Reasuransi Nasional (PRN) turut merayakan Hari Asuransi Nasional yang jatuh pada 18 Oktober 2023 dengan mengambil bagian dan selalu berupaya meningkatkan literasi asuransi dan keuangan kepada masyarakat Indonesia. Sejalan dengan tema yang diangkat pada Hari Asuransi Nasional tahun ini, yaitu Literasi untuk Negeri, Indonesia Re telah menjalankan berbagai program yang bertujuan untuk memberikan literasi keuangan dan asuransi kepada masyarakat luas. Mulai dari mendukung produk asuransi yang lebih inklusif dan beragam untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari berbagai segmen, publikasi literasi terkait asuransi dan reasuransi di kanal sosial media perusahaan, hingga penyelenggaraan program edukasi Indonesia Re Mengajar yang berkolaborasi dengan Jasa Raharja.

Indonesia Re, sebagai perusahaan reasuransi ingin berkomitmen membantu pemerintah untuk meningkatkan literasi keuangan, salah satunya dengan memberikan edukasi akan pentingnya proteksi diri sejak dini. Indonesia Re Mengajar diadakan khusus untuk memberikan pemahaman mengenai asuransi dan reasuransi serta topik mengenai keselamatan berkendara kepada Siswa Menengah Atas (SMA) di Cilengkrang Bandung. Indonesia Re Mengajar sendiri merupakan program unggulan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) tahunan yang telah berlangsung sejak tahun 2016. Dan sejalan dengan penetapan program-program TJSL BUMN yang difokuskan  pada empat pilar sesuai dengan Peraturan Menteri PER-05/MBU/04/2021. Keempat pilar tersebut antara lain Sosial, Ekonomi, Lingkungan, Hukum & Tata Kelola.

Indonesia Re meyakini bahwa untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang mampu menjaga stabilitas ekonomi yang bersifat inklusif, yang mengedepankan keselarasan antara aspek ekonomi, sosial, dan lingkungan hidup perlu campur tangan dari semua pihak, termasuk Indonesia Re selaku pelaku industri di bidang perasuransian. Sebagai market leader di industri asuransi nasional, Indonesia Re memiliki misi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya asuransi. Untuk mencapai tujuan ini, perusahaan memiliki serangkaian program edukasi yang disesuaikan dengan berbagai kelompok masyarakat. Program ini memiliki pesan inti bahwa risiko adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan, dan asuransi adalah investasi untuk melindungi masa depan dan kekayaan. Tujuannya adalah membuat masyarakat lebih memahami peran asuransi sebagai proteksi hidup.

“Industri perasuransian nasional merupakan bagian sekaligus backbone dari Sektor Jasa Keuangan Nasional. Meskipun demikian, jika dilihat dari angka penetrasi maupun densitasnya, kontribusi industri perasuransian nasional terhadap pertumbuhan sektor perekonomian nasional masih terbilang belum optimal. Hal ini disebabkan oleh rendahnya awareness masyarakat terhadap pentingnya berasuransi serta tingkat literasi asuransi dan keuangan masyarakat yang masih terbilang rendah. Tugas kami disini tidak hanya memberikan edukasi, tetapi juga mengupayakan untuk mengubah stigma masyarakat terkait asuransi itu sendiri. Upaya kami untuk mengedukasi masyarakat terkait literasi keuangan dan asuransi ini banyak sekali tantangannya, salah satunya adalah mental blockers pada masyarakat Indonesia yang dapat mengurungkan niat masyarakat untuk memahami pentingnya berasuransi,” ujar Robbi Y Walid, Direktur Manajemen Risiko, Kepatuhan, SDM dan Corporate Secretary Indonesia Re.

Lebih lanjut Robbi menjelaskan bahwa terdapat 3 (tiga) mental blockers yang dihadapi oleh Indonesia Re selama ini, yaitu ‘innocent’ alias minimnya informasi dan edukasi terkait proteksi asuransi, termasuk akses untuk mendapatkan informasi dan edukasi tersebut. Kemudian mental blockers yang kedua adalah ‘procrastination’ alias keinginan untuk menunda membeli proteksi asuransi karena merasa belum memiliki urgensi. Dan mental blockers yang terakhir adalah ‘struggle’ alias perasaan bahwa mereka tidak akan mampu membeli atau menjangkau polis asuransi.

Melalui kepemilikan literasi keuangan dan asuransi, masyarakat diharapkan mampu memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhannya, mampu membuat perencanaan keuangan yang baik, mampu bertanggung jawab pada keputusan keuangan yang diambil, serta dapat terhindar dari aktivitas investasi pada instrumen keuangan yang tidak legal. Apabila dilihat dari perspektif yang lebih luas, tingginya tingkat literasi keuangan dan penetrasi asuransi pada masyarakat dapat meningkatkan kemajuan bangsa sehingga semakin banyak pula masyarakat yang akan memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan. Selain itu, semakin tinggi tingkat literasi keuangan dan penetrasi asuransi pada masyarakat, semakin stabil juga kondisi keuangan masyarakat yang pada akhirnya berkontribusi positif juga pada stabilitas finansial serta pembangunan nasional.

“Indonesia Re berkomitmen untuk meningkatkan kesadaran asuransi di masyarakat dengan mengembangkan program-program edukasi. Kami akan terus berupaya berkontribusi dalam peningkatan literasi keuangan dan asuransi melalui program-program yang kami miliki. Selain itu, kami juga akan terus merumuskan strategi untuk peningkatan literasi keuangan dan asuransi agar tetap relevan dengan generasi saat ini. Indonesia Re berharap bahwa melalui peningkatan literasi ini, masyarakat akan menyadari pentingnya asuransi sebagai pelindung finansial mereka dari risiko yang tidak terduga, bukan sekadar produk yang dapat dibeli. Ini juga diharapkan dapat meningkatkan kontribusi industri asuransi nasional untuk pembangunan negara,” tutup Robbi