02 March 2017 8248

Bahayakah menghisap shisha?

Hay para kawula muda, siapa di antara kalian yang pernah menghisap shisha? Banyak yang bilang kalau menghisap shisha itu tidak berbahaya seperti menghisap rokok/tembakau/cerutu? Kata siapa? Benarkah itu? Situ percaya??

Saat ini merokok shisha sedang menjadi trend, terutama di kalangan muda, dan telah menjadi bagian dari pergaulan. Shisha, atau biasa juga disebut hookah, merupakan gaya merokok tembakau ala Timur Tengah. Cara merokok shisha berbeda dengan mengisap rokok tembakau pada umumnya. Shisha menggunakan tabung yang berisi air. Di dalam tabung itu, tembakau dipanaskan dengan ditambahkan rasa buah-buahan. Tabung shisha juga dilengkapi dengan selang untuk menghirup asap yang dihasilkannya.

Asap shisha yang beraroma buah-buahan membuat orang-orang menjadi penasaran dan merasa ‘aman’ untuk mencobanya. Akhirnya merokok ‘buah-buahan’ ini pun dijadikan pilihan dengan alasan lebih menyehatkan ketimbang merokok tembakau biasa. Pikir mereka: masa sih, buah-buahan itu berbahaya? Bukannya malah sehat ya kakak? Mereka pun menganggap asap shisha tidak berbahaya karena semua racun pada tembakau telah diserap oleh air.

Benarkah merokok shisha itu tidak berbahaya?

Shisha disebut-sebut sebagai cara yang aman untuk menikmati tembakau karena sudah dicampur dengan air sebagai filter, bahkan tidak jarang dicampur dengan wine, supaya lebih ahzek. Sayangnya, semua anggapan itu keliru. Tapi pendapat ini dipatahkan, karena terbukti kandungan tar dalam shisha jauh lebih tinggi daripada rokok. Merokok shisha lebih berbahaya dibandingkan merokok tembakau biasa. Menurut World Health Organization (WHO), merokok shisha selama satu jam sama bahayanya seperti mengisap 100 rokok.

Tidak seperti rokok biasa, tembakau pada shisha tidak terbakar secara terus menerus. Arang yang menyala diletakkan pada mangkok di atas pipa. Udara yang dihisap melalui mouthpiece akan mengaktivasi pembakaran tembakau oleh arang dan menimbulkan munculnya asap. Asap yang timbul akan didinginkan saat melewati reservoir air pada dasar pipa. Sayangnya, tidak seperti keyakinan masyarakat, air tidak membuat komponen racun pada asap menjadi tidak berbahaya.

 

Memangnya, apa saja sih kandungan di dalam shisha?

Seperti rokok, shisha mengandung tembakau dan kandungan beracun lain seperti nikotin, tar, karbon monoksida, arsenik, dan timah. Meski kandungannya sama, ternyata asap shisha lebih beracun daripada rokok tembakau. Jika dibandingkan dengan sebatang rokok tembakau, asap shisha mengandung arsenik dan nikel yang lebih tinggi, kandungan tar 36 kali lebih tinggi, dan karbon monoksida 15 kali lebih tinggi.

Merokok shisha biasanya memakan waktu yang lebih lama dibandingkan merokok tembakau, sehingga kadar nikotin dan material karsinogenik lain yang masuk ke dalam paru-paru pun lebih tinggi.

Apa saja sih bahaya yang dapat ditimbulkan oleh kebiasaan menghisap shisha?

Konsumsi shisha dapat menimbulkan dampak dari exposure tembakau pada penghisapnya. Arang menyebabkan pembakaran tembakau pada temperature tinggi yang meningkatkan kadar carbon monoxide (CO) dan material karsinogenik lainnya. Kandungan pada asap shisha dapat menimbulkan bahaya yang sama bahkan lebih besar dibanding asap rokok tembakau biasa. CO pada asap shisha dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit cardiovascular. Polycyclic aromatic hydrocarbons (PAH) yang juga terdapat pada asap dapat meningkatkan risiko kanker. Volatile aldehyde (VA) dapat menyebabkan terjadinya penyakit paru.

Penghisap shisha memiliki risiko ketergantungan nicotine, kanker, dan gangguan pernapasan. Berikut adalah beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang dapat disebabkan oleh menghisap shisha:

1.  Penyakit jantung

Komponen asap pada shisha mengandung banyak racun yang diketahui dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah dan berbagai penyakit jantung lainnya.

2.  Kanker

Shisha biasanya dihisap oleh si pengguna dalam waktu yang lebih lama dibandingkan rokok biasa. Sehingga otomatis, penghisap shisha menyerap racun lebih banyak daripada perokok biasa. Arang yang digunakan untuk memanaskan tembakau juga berpengaruh buruk bagi kesehatan. Bahkan setelah melewati air pun, asap shisha masih mengandung racun tingkat tinggi. Zat-zat semacam karbon monoksida, logam, dan bahan-bahan kimia penyebab kanker (kanker paru-paru, kanker mulut dan kanker kandung kemih) terkandung di dalamnya.

3.  Penyakit pada gusi

Ada peningkatan nikotin dan cotinine dalam darah dan air liur perokok shisha yang memengaruhi jaringan gusi.

4.  Bahaya penyakit menular

Tabung dan selang shisha yang dipakai oleh kafe penyedia shisha bisa tidak dibersihkan dengan benar. Hal itu dapat mempermudah penyebaran penyakit menular, seperti tuberkulosis (TB), infeksi aspergillus (jamur yang dapat menyebabkan infeksi paru-paru serius), dan infeksi helicobacter (radang lambung).

5.  Bahaya bagi wanita hamil

Seorang wanita hamil yang menghisap shisha sebanyak satu tabung atau lebih per harinya berisiko melahirkan bayi berberat lahir rendah. Tidak hanya itu, bayi yang dilahirkan juga berisiko mengalami gangguan pernapasan.

6.  Bahaya bagi kaum pria

Kesuburan pria berkurang Kandungan logam berat pada shisha seperti arsenik, kromium, timah, dan kobalt dalam air mani dapat berdampak buruk pada kuantitas dan kualitas sperma.

Saat ini, masyarakat mengkonsumsi nicotine dalam berbagai macam bentuk. Mulai dari menghisap rokok tradisional, e-cigarette, hingga shisha. Oleh karena itu, dalam proses underwriting lebih baik ditanyakan kebiasaan atau riwayat konsumsi tembakau dalam segala bentuk, bukan hanya dalam bentuk rokok. Dalam proses penilaian kita harus memperhatikan berapa kadar nicotine dalam shisha yang dikonsumsi karena kadar nicotine yang terkandung dalam shisha dapat saja berbeda-beda.

Naah, mengkonsumsi shisha tidak seaman yang kita kira sebelumnya kan? Dampak negative yang ditimbulkan juga kurang lebih sama dengan yang ditimbulkan rokok biasa. Kalau mau ikut pergaulan, sepertinya gaul yang ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan deh. Lebih baik budget pergaulannya dipake buat belanja atau makan enak. Perut senang, hati riang, badan sehat.

…paling rekening lo yang ngga sehat. Huahahahahaha *ketawa jahat*

Peace, love, and gaul~

 

 

********

Penulis

Admin