06 March 2017 9488

Mari Mengenal Kanker dan Survival Rate !

Apakah yang ada di pikiran anda jika mendengar seseorang didiagnosis menderita penyakit kanker?

Pasti yang hal pertama yang terlintas di pikiran adalah: bagaimana prognosisnya? Apakah kanker tersebut dapat disembuhkan? Seberapa bagus peluangnya untuk dapat sembuh dan bertahan hidup?

Dokter bukanlah paranormal yang dapat memperkirakan masa depan, demikian pula dengan underwriter atau medical advisor. Yang dapat dilakukan hanyalah membuat estimasi berdasarkan statistik dan pengalaman yang telah ada dengan kondisi kanker yang sama.


Estimasi prognosis itu biasa disebut dengan survival rate, yaitu kemungkinan untuk bertahan dalam periode waktu tertentu. Biasanya yang dipergunakan di dunia medis adalah 5 years survival rate atau kemungkinan bertahan/tetap hidup dalam 5 tahun. Misalnya, 5 years survival rate dari kanker kandung kemih adalah 78%. Hal tersebut berarti dari 100 orang penderita kanker kandung kemih, 78 di antaranya dapat bertahan hidup dalam 5 tahun setelah didiagnosis.

Untuk menentukan survival rate itu memerlukan penelitian yang cukup panjang dan membutuhkan sample yang cukup banyak dan variatif dari segi usia, jenis kelamin, kondisi kesehatan, jenis dan tipe kanker yang diderita, terapi yang diterima, dll. Dengan detailnya data tersebut, penelitian dapat memberikan kita data dan prognosis yang lebih spesifik, misalnya 5 years survival rate untuk kanker paru stadium awal adalah 52% dan untuk stadium akhir dengan metastasis jauh adalah 4%.

Apakah itu berarti setelah melalui masa 5 years survival rate dapat dipastikan kanker tidak akan muncul lagi?

Tentu tidak. Tidak ada statistik atau data yang dapat memperkirakan hal itu. Namun, pada umumnya setelah melalui masa 5 years survival rate, kemungkinan kanker untuk muncul lagi relative kecil, walaupun tidak dapat dikatakan tidak ada kemungkinan.

Jadi, apakah yang harus kita lakukan saat melakukan seleksi risiko seseorang dengan riwayat kanker?

Yang harus diingat adalah, statistik, prognosis, atau 5 years survival rate adalah estimasi trend yang terjadi pada sekelompok besar orang, dan bukan vonis mutlak bagi case per case. Artinya, penderita kanker dengan 5 years survival rate 90% belum tentu akan bertahan hidup dalam 5 tahun dan begitu juga sebaliknya.

Walaupun kanker yang telah melalui masa 5 years survival rate sering disebut juga sebagai decreasing risk, bukan berarti kemungkinan untuk kanker tersebut muncul kembali adalah nol. Ingatlah kalau akan selalu ada kemungkinan kanker untuk muncul kembali, baik sebelum 5 tahun, setelah 5 tahun, atau bahkan setelah 10 tahun kemudian.

Apa saja point yang harus kita perhatikan saat melakukan seleksi risiko seseorang dengan riwayat kanker?

Hal pertama adalah pastikan kita memiliki cukup informasi tentang riwayat kanker tersebut. Informasi yang dibutuhkan meliputi:

  • Diagnosis pastinya, meliputi tipe dan klasifikasinya secara histopatologi, ukuran, serta staging
  • Kapan ditegakkan diagnosisnya dan melalui apa diagnosis tersebut ditegakkan?
  • Apa saja terapi yang dibutuhkan? Apakah memerlukan operasi? Apakah memerlukan kemoterapi atau radioterapi? Berapa lama perkiraan waktu terapinya? Bagaimanakah prognosis dari terapi yang dilakukan?
  • Bagaimana prognosis mortalitas dan morbiditasnya
  • Bagaimana kemungkinan terjadinya komplikasi, dll.
  • Bagaimanakah kondisinya saat ini? Cancer-free atau progression-free? Bagaimanakah hasil pemeriksaan terbarunya? Apakah masih dalam terapi? Apakah yang dikatakan oleh attending physician-nya? 

Jika tidak ada informasi atau ada tapi tidak lengkap?

Sangat disarankan untuk tidak berpartisipasi di dalamnya. Karena kita tidak dapat melihat dan menilai dengan pasti bagaimana kondisi yang sebenarnya. Bagaimana kita dapat membuat prognosis jika data yang kita miliki tidak lengkap? 

 

 

********

Reference:

Understanding cancer prognosis. National Cancer Institute.
http://www.cancer.gov/cancertopics/factsheet/support/prognosis-stats.

Cancer facts & figures 2013. American Cancer Society.
http://www.cancer.org/research/cancerfactsfigures/cancerfactsfigures/cancer-facts-figures-2013.

Understanding statistics used to guide prognosis and evaluate treatment.
http://www.cancer.net/all-about-cancer/newly-diagnosed/understanding-statistics-used-guide-prognosis-and-evaluate-treatment.

Moynihan TJ (expert opinion). Mayo Clinic, Rochester, Minn. Nov. 15, 2013

Penulis

Admin